Sponsor

Minggu, 23 Maret 2014

Manfaat Buah Lemon

 Ingin hidup sehat? Mari kita mulai dengan mengkonsumsi makanan alami yang bermanfaat bagi tubuh serta terbukti ampuh mengatasi berbagai penyakit kulit. Salah satu jenis buah yg harus dikonsumsi adalah buah Lemon.
Buah Lemon yang tergolong sebagai  tanaman tropis dan subtropis ini, saat ini sudah tidak sulit dan sering kita jumpai di pasar- pasar di Indonesia karena sudah banyak petani yang mengembangkan komoditas ini. Buah lemon pada umumnya sering digunakan sebagai penyedap rasa/ bumbu masakan dan penyegar saja. Namun, tahukah Anda kalau buah ini memiliki banyak manfaat positif bagi kesehatan tubuh? Untuk menjawab rasa penasaran Anda, berikut akan saya sajikan sejumlah manfaat dalam mengkonsumsi buah Lemon:
1.       Detoks Alami
Lemon yang kaya dengan berbagai kandungan vitamin dan antioksidan ternyata sangat ampuh digunakan untuk melindungi liver dan mengeluarkan berbagai zat-zat racun yang mengendap di dalam tubuh. Lemon  juga bersifat diuretik yang membantu melancarkan produksi urine, sehingga racun dan bakteri yang tidak dibutuhkan tubuh dapat ikut terbuang melalui urine. Disamping itu, lemon juga bermanfaat untuk menyeimbangkan pH dalam tubuh kita sehingga menurunkan resiko timbulnya virus dan bakteri yang tidak dibutuhkan oleh tubuh.
2.      Mengatasi Masalah Kulit
Lemon dengan kandungan vitamin C yang tinggi mampu mengurangi resiko penuaan, komedo, serta kerutan dengan rutin menambahkan irisan lemon ke dalam air hangat. Disamping itu, Lemon juga ampuh dalam mengatasi masalah kulit yang berjerawat karena terdapat kandungan citrik acid dan alkali yang sangat ampuh untuk membasmi bakteri penyebab jerawat. Caranya dengan menyapukan cairan lemon ke kulit yang berjerawat beberapa saat atau dikombinasikan dengan madu sebagai masker (tidak dianjurkan pada kulit yang terluka karena akan terasa perih).
3.      Mengatasi masalah kebotakan/ menyuburkan pertumbuhan rambut
Dengan menambahkan ekstrak lemon saat mencuci rambut atau diusapkan ke kulit kepala dapat melancarkan peredaran darah di kepala sehingga dapat merangsang pertumbuhan rambut, serta dapat membuat rambut menjadi lebih sehat dan kuat serta tampak lebih berkilau.
4.      Mengontrol Tekanan Darah
Lemon memiliki kandungan potassium dan kalium yang sangat efektif dalam mengontrol tekanan darah serta mencegah efek mual. Sehingga sangat dianjurakan bagi pasien hipertensi untuk mencoba menambahkan irisan lemon ke dalam segelas air hangat.
5.      Membersihkan Darah Kotor
Sering kali kita mengalami berbagai masalah kesehatan seperti alergi yang disebabkan darah kotor, dan hal tersebut dapat dihindari dengan mengkonsumsi lemon secara rutin untuk memurnikan darah di tubuh kita.
6.      Mengurangi Infeksi
Air lemon juga memiliki manfaat anti bakteri sehingga dapat melawan resiko terjadinya infeksi, seperti infeksi yang terjadi pada tenggorokan.
7.      Menjaga Kesehatan Mulut
Selain dikonsumsi dengan dimakan, buah lemon juga memberikan manfaat positif bagi kesehatan mulut dengan cara mecampurkan ekstrak lemon ke air hangat yang digunakan untuk berkumur-kumur. Dengan rutin menggunakan lemon dapat membantu mencegah terjadinya gusi berdarah, mengurangi rasa nyeri pada gigi yang bermasalah, serta dapat mengurangi bau mulut.
8.      Mencegah Stres
Lemon juga ternyata bersifat menenangkan karena kandungan kalium di dalamnya yaitu dengan merangsang kinerja otak dan syaraf, sehingga dipercaya dapat mengurangi stres atau depresi, sifat pelupa, serta perasaan cemas.
9.      Menjaga saluran Pernapasan.
Dengan konsumsi lemon juga dapat memberikan manfaat positif pada saluran pernapasan Anda, yaitu seperti meringankan gejala penyakit asma dan mengurangi dahak sehingga pernapasan menjadi lebih lancar. Dan oleh karena itu, sangat dianjurkan mengkonsumsi lemon bagi para perokok untuk mengurangi berbagai resiko negatif pada saluran pernapasan.
10.    Meningkatkan Kekebalan Tubuh
Konsumsi lemon juga sangat efektif untuk meningkatkan sistem imunitas tubuh dari serangan berbagai penyakit seperti flu.
11.     Menurunkan Berat Badan

Bagi Anda yang sedang diet, sangat dianjurkan untuk menambahkan lemon ke menu harian Anda, karena dengan mengkonsumsi lemon terbukti sangat efektif dalam menurunkan bobot tubuh pula, karena air lemon tidak mengandungan kalori. 
Jadi selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar