Sponsor

Sabtu, 28 Februari 2015

Mengenal Manajemen Hutang Agar Kondisi Finansial Anda Selalu Terjaga

Berhutang telah menjadi hal yang umum dewasa ini. Bahkan saat ini, banyak perusahaan yang dibangun di atas hutang, yang dalam operasionalnya mampu menghasilkan keuntungan untuk melunasi hutang beserta biaya bunga. Tentu saja hutang dapat menjadi jalan keluar terbaik ketika mengahadapi kesuliatan ekonomi, namun dapat pula menjadi bomerang yang kembali dan menjadi jerat penghambat langkah Anda. Oleh karena itu, untuk menghindari resiko tersebut Anda perlu mempelajari manajemen hutang agar tidak salah mengambil keputusan.
Yang paling pertama harus Anda pertimbangkan adalah membandingkan keuntungan yang dapat Anda peroleh dari hutang tersebut dan biaya yang timbul akibat hutang tersebut, hindarilah berhutang untuk keperluan yang bersifat konsumtif, tetapi akan jauh lebih bijak apabila dapat digunakan pada kebutuhan produktif yang dapat menghasilkan keuntungan. Kemudian apabila Anda sudah yakin bahwa hutang tersebut baik untuk dijalani, maka Anda juga perlu memperhatikan kesehatan porsi hutang dalam laporan keuangan Anda, yaitu dengan menetapkan rasio yang sehat antara jumlah aset dan hutang yang Anda miliki, yang secara umum perbandingan hutang dan aset adalah 1 berbanding 2.
Selanjutnya buatlah daftar inventarisasi hutang, utamakan pembayaran hutang dengan tingkat suku bunga tertinggi terlebih dahulu. Disamping itu, apabila Anda memiliki uang lebih, Anda dapat membayar cicilan lebih dari skema pembayaran yang telah ditetapkan sehingga hutang Anda dapat segera dilunasi dan segera terbebas dari lilitan hutang.

Jadi, tidak selamanya hutang menjadi sumber masalah yang menyeret Anda ke berbagai masalah finansial, tetapi juga dapat memberi dampak yang positif apabila Anda dapat memahami dan bijak dalam memanfaatkannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar