Sponsor

Sabtu, 14 Maret 2015

Tips Meningkatkan Produktivitas

Sering kali Anda telah bekerja keras, namun hasil yang dicapai masih belum sesuai dengan apa yang Anda harapkan. Bahkan adakalanya Anda bekerja hingga melupakan waktu luang untuk berisitirahat ataupun sekedar bercengkramah dengan keluarga yang Anda cintai. Jadi apa yang salah pada usaha Anda?
Tentu saja tidak ada yang salah, hanya mungkin apa yang Anda usahakan masih kurang tepat, yaitu Anda juga perlu bekerja secara efektif untuk meningkatkan produktivitas dengan bekerja secara cerdas. Dengan bekerja secara cerdas, Anda dapat mengefisiensikan waktu dan mendekatkan Anda pada goal yang ingin Anda capai. Berikut beberapa tips  yang dapat Anda terapkan agar dapat bekerja dengan lebih efektif dan produktif:
1.             Susunlah Rencana Kerja
Bangunalah lebih awal setiap pagi, dengan waktu lebih di pagi hatri luangkan waktu sejenak untuk merencanakan apa saja yang akan Anda lakukan di hari ini. Dengan rencana kerja yang rapi, alhasil apa yang dapat Anda kerjakan hari ini akan terselesaikan tepat waktu dan rapi.
2.             Tentukan Skala Prioritas
Dalam bekerja tentukan skala prioritas Anda, dimana Anda dapat lebih fokus mengerjakan apa yang Anda anggap lebih penting terlebih dahulu. Dengan skala prioritas, Anda dapat menghapus kegiatan yang tidak produktif dan menggantikannya dengan kegiatan yang lebih produktif bagi Anda.
3.             Jangan Terpaku Pada 1 Masalah yang Anda Hadapi
Sering kali pada saat bekerja Anda terlalu fokus memecahkan 1 masalah, sedangkan masalah lain tetap menunggu untuk Anda selesaikan dan pada akhirnya waktu terbatas yang Anda miliki membuat Anda kebingungan untuk diselesaikan tepat waktu. Oleh karena itu, sebaiknya Anda tidak terfokus pada 1 masalah saja. Tetapi Anda dapat menyelesaikan masalah lain yang dapat Anda pecahkan terlebih dahulu untuk menghemat waktu.
4.             Optimis
Jadilah pribadi yang optimis, yaitu Anda harus yakin dan percaya pada kemampuan Anda sendiri, sehingga hasil kerja yang Anda capai dapat lebih optimal. Bekerja dengan keraguan hanya akan membuat hasil kerja Anda tidak optimal, tetapi dengan optimis, pikiran Anda akan lebih terbuka sehingga hasil kerja yang Anda capai dapat lebih cemerlang.
5.             Cintailah Pekerjaan dan Lingkungan Anda

Belajarlah untuk mencintai dan menerima pekerjaan serta lingkungan sekitar Anda apa adanya, dengan mencintainya Anda tidak akan merasa rutinitas pekerjaan sebagai tekanan lagi, tetapi sebagai suatu harapan dan peluang. Dengan perasaan yang tertekan, maka produktivitas Anda akan menjadi tertekan pula dan begitu pula sebaliknya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar